Puyuh Ungkep Bu Saroh Pioner Makanan Khas Klaten

Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh merupakan pioneer makanan khas klaten yang mana bersumber dari unggas puyuh. Pada umumnya hasil peternakan burung puyuh berupa telur burung puyuh yang mana banyak disajikan dalam bentuk variasi telur burung puyuh.

Telur burung puyuh memiliki ciri khas telur yang mana berukuran relatif kecil dibandingkan dengan jenis telur unggas lain seperti telur ayam ataupun telur bebek. Sajian telur burung puyuh banyak dijumpai dalam berbagai warung tenda ataupun warung makan.

Awal Mula Olahan Sajian Daging Puyuh

Akan tetapi untuk unggas petelur burung puyuh yang telah berusia tua yang mana ditandai dengan produksi telur yang semakin mengecil. Akan tetapi pada saat itu sajian berupa daging burung puyuh masih relatif sedikit dan rasanyapun tidak bisa dibanggakan.

Puyuh Ungkep Bu Saroh berusaha untuk menyajikan sajian burung puyuh yang telah afkir (berusia tua) dengan cara memasak yang menjadikan bumbu bumbu meresap ke dalam daging burung puyuh. Salah satu teknik yang dilakukan tentu menjadikan daging burung puyuh ungkep lebih lembut serta tidak memiliki bau yang menyengat.

Akan tetapi dalam perjalanan mempopulerkan menu daging puyuh tidak semudah yang dibayangkan. Masyarakat awam masih berasumsi burung puyuh sebagai penyumbang kolesterol tertinggi. Hal ini tentu sangat dihindari bagi mereka yang telah memiliki kolesterol diatas normal.

Padahal kandungan kolesterol tinggi ini hanya dijumpai pada telur burung puyuh. Sedangkan kolesterol pada daging burung puyuh ungkep relatif kecil, bahkan paling kecil apabila dibandingkan dengan jenis unggas lain seperti ayam atau bebek.

Sejarah Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh

Perjuangan mengedukasi masyarakat awam agar tidak mudah terjebak dalam asumsi atau mitos yang beredar tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Warung makan puyuh ungkep Bu Saroh berdiri semenjak tahun 2011, akan tetapi baru menikmati masa kejayaan selepas tahun 2015.

Pada awal berdiri warung makan puyuh ungkep Bu Saroh memakai berbagai variasi nama mulai dari d’Punk hingga berganti nama ke “Puyuh Ungkep”. Sedangkan untuk proses paten hak kekayaan intelektual, selain mematenkan nama Puyuh Ungkep juga mematenkan nama Puyuh Ungkep Bu Saroh.

Awal mula warung makan puyuh ungkep memanfaatkan garasi rumah pemilik dimana letak rumah tidak berada pada seberang jalan besar. Akan tetapi bermodal keyakinan dan menjadi solusi bagi peternak yang memiliki unggas puyuh yang berusia tua tentu membuahkan hasil.

Bahkan meskipun berada pada jalan masuk perkampungan pada daerah Kolekan Karanganom pun juga banyak dikunjungi dari berbagai daerah. Hal ini ditandai dengan pembangunan dapur utama dan warung makan tepat di seberang garasi rumah pemilik.

Selain itu saat ini pun Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh telah memiliki tiga cabang yang kesemuanya berlokasi di Kabupaten Klaten. Bahkan beberapa warung tenda dipinggir jalan pun sudah membuka menu sajian olahan daging puyuh.

Meskipun tentu secara rasa dan kualitas berbeda dibandingkan dengan pinoer olahan daging puyuh pertama oleh Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh. Dimana bumbu-bumbu lebih meresap dan dagingnya pun lezat disantap.

Jika Anda tertarik, maka pastikan Anda datang ke Warung Makan Pioner Puyuh Ungkep Bu Saroh yang terletak pada alamat . Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Warung Makan ini dengan mengetikkan kata kunci “Puyuh Ungkep” pada halaman pencarian Google Maps Anda.

Mengapa Harus Mencoba Puyuh Ungkep Bu Saroh

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menikmati sajian olahan daging puyuh di Warung Makan Bu Saroh salah satunya yakni:

Pertama, pioneer olahan daging burung puyuh dengan bumbu bumbu yang meresap sampai ke tulang.

Kedua, dijamin kehalalannya. Setiap unggas puyuh yang telah berusia tua disembelih sesuai dengan syariat agama Islam. Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi dari lembaga MUI.

Ketiga, berbagai varian menu. Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh menyajikan beragam variasi menu olahan puyuh baik itu dalam bentuk puyuh goreng, puyuh penyet, maupun puyuh bakar.

Keempat, tempat nyaman dan bersih. Meskipun berlokasi pada daerah Kabupaten Klaten akan tetapi kenyamanan pengunjung merupakan prioritas utama. Selain itu kebersihan tempat warung makan tentu menjadi hal wajib yang dijaga setiap harinya.

Kelima, harga terjangkau. Adapun harga olahan daging burung puyuh yang ditawarkan terbilang sangat terjangkau bahkan relatif murah.

Yuk bagi Anda yang ingin menikmati cita rasa olahan daging burung puyuh asli hanya di Warung Makan Puyuh Ungkep Bu Saroh yang merupakan pioneer puyuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *