Makan daging Burung Puyuh, Takut Kolesterol Tinggi?

Makan daging Burung Puyuh, Takut Kolesterol Tinggi?

Burung Puyuh

Burung puyuh- Burung puyuh merupakan burung liar yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat pada tahun 1870. Selanjutnya burung puyuh terus dikembangkan ke penjuru dunia. Di Indonesia sendiri burung puyuh mulai dikenal dan dibudidayakan sejak sekitar tahun 1979. Burung puyuh merupakan unggas daratan yang kecil namun gemuk. Burung puyuh merupakan burung pemakan biji-bijian. Namun mereka juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mengapa disebut sebagai unggas daratan, karena mereka cenderung lebih banyak hidup di darat dan sulit untuk terbang. Hal ini disebabkan karena ukuran sayap mereka yang kecil, sehingga sulit untuk terbang. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek.

Burung puyuh- Beberapa jenis puyuh telah banyak dibudidayakan dalam jumlah besar. Puyuh jepang misalnya, mereka dibudidayakan terutama untuk diambil telurnya. Telur burung puyuh merupakan makanan yang cukup lezat dan bergizi. Telur burung puyuh juga memiliki kandungan protein yang tinggi serta terdapat kandungan kolin di dalamnya yang baik untuk otak. Seringkali mereka dimakan mentah bersama sushi dan umum ditemukan pada menu makan siang Jepang. Di Kolombia, telur burung puyuh rebus digunakan untuk pelengkap hot dog dan hamburger. Di Filipina, telur burung puyuh yang direbus dan dicelup dengan saus lalu digoreng dengan banyak minyak adalah jajanan lokal yang populer. Di Indonesia sendiritelur burung puyuh diolah dengan cara direbus dan dibumbui dengan kecap kemudian ditusuk dijadikan sate telur puyuh. Selain itu bisa juga digoreng dan dibumbui menjadi jajanan kesukaan anak-anak.

Namun tidak hanya untuk diambil telurnya, burung puyuh juga termasuk jenis burung yang sering dimakan. Daging burung biasa diolah sebagai masakan Perancis dan juga biasa ditemukan pada masakan MaltaPortugis, dan India. Burung puyuh umumnya dimakan bersama dengan tulangnya karena mudah dikunyah dan karena ukurannya yang kecil sehingga menyulitkan untuk memisahkan tulang dari dagingnya.

Kandungan gizi dan Manfaat Daging Burung Puyuh

Makan daging Burung Puyuh- Daging burung puyuh memiliki kandungan gizi yang cukup baik yang diperlukan oleh tubuh terutama bagi penderita darah tinggi dan jantung koroner karena kandungan kolesterol di dalamnya sangat rendah. Daging burung puyuh mengandung banyak protein, kalsium, besi dan fosfor yang sangat baik dalam pembentukan tulang. Juga, terdapat beberapa macam vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin E dan K. Mengapa protein yang ada dalam daging burung puyuh baik? Karena seperti yang dikatakan dalam beberapa sumber, bahwa burung puyuh suka sekali memakan serangga, gandum, semut dan juga biji-bijian yang mampu membantu perkembangbiakan.

Selain itu rasa yang dimiliki daging burung puyuh tidak kalah dengan rasa daging daging lainnya seperti ayam, kelinci, kambing, sapi dan daging burung lainnya. Daging burung puyuh memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Apalagi jika diolah menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang ada di Indonesia pasti rasanya sangat lezat dan gurih.

Berdasarkan hasil penelitian, dalam daging burung puyuh mengandung gizi yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari ayam atau itik dan hewan unggas lainnya. Sehingga, masyarakat akhir-akhir ini, mulai menggemari daging puyuh. Sebab daging puyuh selain enak dan lezat rasanya, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, namun sangat di sayangkan banyak masyarakat di Indonesia masih banyak yang tidak mengetahui manfaat dan kandungan gizi pada burung puyuh.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi??? teryata tidak!!!. Jangan hanya fokus pada mitos tentang kadar kolesterol pada daging puyuh yang konon katanya tinggi, tenyata big no! Banyak yang salah persepsi soal ini. Kandungan kolesterol pada daging burung puyuh justru lebih rendah dari daging unggas lainnya. Karena sebenarnya yang tinggi kolesterol itu telurnya. Sehingga makan daging burung puyuh sangatlah aman dan justru banyak kandungan gizi maupun manfaatnya. Mau tau tempat makan daging burung puyuh yang enak dan endes??? hanya di waroeng makan puyuh ungkep. Anda bisa mengunjungi di salahsatu alamat waroeng makan puyuh ungkep di bawah ini:

  1. Jalan Raya Karanganom – Klaten km 0,1 (Kolekan, Beku, Karanganom – masuk gang 50m)

Google Maps

 

2. Jalan Raya Karanganom – Ponggok km 0,2 (Tanjunganom, utara Swalayan Gal-Gil)

Google Maps

 

3. Jalan Raya Jatinom – Boyolali km 0,5 (Plaeng, Pandean, Jatinom – utara jembatan 50m)

Google Maps

Kami juga melayani pesanan Nasi Box atau Catering di suatu acara silahkan hubungi kami:

Telp : 0857-0007-6002

Wa: 0812-2601-8421

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *