Kandang Ternak Puyuh

Kandang Ternak Puyuh – Kandang puyuh petelur ini berbahan kayu dan alas strimin. Mempunyai kelebihan yang menjadi andalan yaitu model alas slorok (bahasa jawa).

Yang jelas bukan slow rock. Karena itu daripada saya sebut dengan kandang puyuh petelur model slorok, mending saya beri nama dengan kandang burung puyuh petelur yang ideal.

Model kandang yang bisa digunakan untuk ternak puyuh banyak sekali, mulai dari desain yang sederhana hingga desain yang modern. Bagi anda yang pemula dalam usaha ternak puyuh sebaiknya menggunakan desain kandang yang sederhana atau simple, tapi tanpa mengurangi kenyamanan untuk pertumbuhan serta hasil produksi puyuh.

Desain kandang yang sering digunakan peternak burung puyuh ada tiga tipe;
– Tipe kandang baterai
– Tipe kandang liter
– Tipe kandang boks

Cara membuat Kandang Ternak Puyuh yang mudah untuk pemula

1. Membuat kandang model baterai

Kandang model ini biasanya digunakan peternak untuk budidaya puyuh petelur, kelebihan kandang tipe ini adalah tidak membutuhkan tempat yang luas, bisa dibuat tingkat-tingkat, serta dapat dipindah-pindah.

Jika pemula ingin membuat kandang model ini, manfaatkanlah bahan material yang ada disekitar anda, ataupun jika harus membeli pun harganya tidak mahal.

Bahan-bahan;
– Bilahan bambu atau kayu reng
– Kawat strimin
– Triplek atau karpet
– Paku
– Serta alatnya seperti palu dan gergaji.

Jika semua bahan dan peralatan sudah tersedia buatlah rangka dengan ukuran seperti gambar berikut;

Apabila rangka tersebut sudah siap, pasanglah dindingnya bisa menggunakan kayu reng, bilahan bambu, atau kawat strimin sesuai selera anda, jika menggunakan bambu atau kayu jaraknya harus diperhatikan agar puyuh tidak bisa keluar.

Untuk bagian bawahnya usahakan menggunakan kawat strimin, tujuannya agar kotoran puyuh bisa langsung jatuh kebawah atau ketempat penampungan kotoran. Sedangkan untuk tempat penampungan kotoran bisa menggunakan triplek, karpet atau bahan lain sejenisnya.

Jika kandang sudah jadi, bisa disusun bertingkat maksimal 4 tingkat, Kandang dengan ukuran diatas dapat menampung sekitar 30 – 40 ekor burung puyuh dewasa.

2. Membuat kandang model litter

Kandang model liter biasanya digunakan untuk ternak puyuh pedaging, kandang model ini cara pembuatanya lebih mudah serta biayanya lebih murah, anda cukup menyiapkan lokasi atau tempat kemudian pasang dinding keliling.

Buatlah sekat-sekat dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 90, serta tinggi 100 cm. untuk dinding serta penyekat bisa menggunakan kayu, bambu, atau kawat strimin tergantung bahan yang tersedia, jika menggunakan bambu, atau kayu harus perhatikan jaraknya agar puyuh tidak keluar kandang.

Untuk lantainya bisa menggunakan sekam padi atau serbuk gergaji, tapi sebelumnya lebih dulu dikasih kapur setebal 3 – 5 cm, barulah lapisan atasnya sekam padi setebal 5 cm, usahakan atapnya dapat menyerap panas serta lokasinya kering, agar bakteri penyakit atau virus tidak mudah berkembang dan menyebar.

3. Membuat kandang model boks

Kandang model ini biasanya digunakan untuk anak puyuh (DOQ), dan untuk membuatnya cukup menggunakan triplek dibuat kotak seperti boks.

Untuk rangkanya bisa menggunakan kayu reng dan bagian bawahnya menggunakan kawat strimin, agar kotoran jatuh kebawah, untuk ukuranya bisa satu triplek dibelah menjadi dua dan panjang dibelah dua lagi, satu triplek cukup untuk dinding keliling dan jarak dari lantai sekitar 40 cm.

Keyword seputar Kandang Ternak Puyuh

model kandang puyuh modern

jual kandang puyuh

kandang puyuh petelur dari bambu

kandang puyuh besi

cara membuat kandang puyuh yang baik

ukuran kandang puyuh kapasitas 1000 ekor

cara membuat kandang puyuh 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *