Kandang Puyuh Modern

Kandang Puyuh Modern – Kandang jenis baterai ini sangat cocok apabila peternak mempunyai lahan atau kandang yang cukup luas, sehingga kandang dengan isi burung puyuh seperti ini dapat masuk. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambarnya di bawah ini.

Bahan buat Pembuatan Kandang Puyuh Modern

Setelah Anda mengetahui persyaratan ideal pembuatan kandang burung puyuh, langkah selanjutnya ialah mempersiapkan bahan-bahan pembuatan kandangnya.

1. Alas Kandang

Untuk alas kandang burung puyuh yang berumur sekitar 1-7 hari, sebaiknya dibuat dari kawat kasa atau koran/kertas yang bertekstur kasar. Sementara buat burung yang sudah berusia dua minggu, alas kandang yang paling baik ialah dari bahan kawat ram ukur 1cm.Selain itu, alas kandang burung dewasa dapat juga dibuat dari bahan bambu yang dijejerkan merapat agar tak menjepit kaki burung.

2. Dinding Kandang

Dinding kandang, terutama pada bagian-bagian yang krusial (bagian depan) sebaiknya dibuat dari bahan kawat ram/bambu. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol keadaan burung yang berada dalam kandang itu dengan mudah. Jangan sekali-kali membuat bagian depan kandang dari bahan papan atau tripleks, sebab hal ini nantinya akan mempersulit Anda dalam mengontrol keadaan burung.

3. Pintu Kandang

Untuk membuat pintu kandang, terutama membuat bingkainya, sebaiknya Anda menggunakan besi,kayu atau bambu. Sedangkan buat bagian dalamnya kita tetap menggunakan kawat ram.

Dalam membuat pintu kandang, Anda harus memerhatikan kemudahan tutup bukanya. Ini dapat Anda siasati dengan menggunakan engsel kupu-kupu atau engsel bubut pada bagian pintu.

Pembuatan pintu ini harus memenuhi beberapa syarat, seperti harus mudah digunakan buat memasukkan makanan, minuman, dan keperluan puyuh lainnya. Jika pintu sudah dibuat sedemikian rupa, maka aktivitas pemberian pakan, minuman, penangkapan burung puyuh, dan pembersihan kandang pun jadi lebih mudah dilakukan.

Kandang yang baik akan berimbas pada baiknya produktivitas ternak puyuh. Untuk itu, kandang puyuh sebaiknya mengikuti persyaratan sebagai berikut.

  • Lokasi kandang sebaiknya jauh dari keramaian dan permukiman penduduk. Selain karena bisa mencemarkan udara dengan baunya, jarak yang dekat ini juga bisa membuat puyuh terganggu dan mudah stres akibat adanya suara bising dari permukiman manusia.
  • Mempunyai sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang tidak benar bisa menyebabkan meningkatnya serangan hama dan penyakit.
  • Aman dari gangguan binatang predator(kucing,Tikus,Ular dan sejenisnya).
  • Mempunyai aksesibilitas yang baik. Terutama untuk menunjang transportasi sarana produksi peternakan serta penjualan daging dan telur puyuh.
  • Mempunyai sumber air yang baik, tidak tercemar, serta selalu tersedia, terutama ketika musim kemarau. Sumber air yang tercemar dan kurang lancar bisa menyebabkan penurunan produksi, bahkan menyebabkan kematian pada puyuh.
  • Sebaiknya kandang untuk beternak puyuh jauh dari kandang unggas lain dan sebisa mungkin bukan kandang bekas unggas lain pula. Hal ini untuk mencegah tertularnya penyakit dari unggas lain.
  • Idealnya, suhu untuk beternak puyuh adalah 20-250 C dengan kelembapa idealnya 30-80%. Suhu dan kelembapan yang tidak cocok berpotensi mendatangkan penyakit pada puyuh.
  • Kandang puyuh jangan dibuat langsung di atas tanah. Lantai pertama kandang puyuh harus terletak jauh dari tanah untuk mencegah hawa basah dan lembap.
  • Kandang puyuh sebaiknya dibuat dari bahan-bahan murah yang ada di daerah setempat. Misalnya, kayu kalimantan, papan sengon, bambu, papan bekas peti, kawat kasa, genteng, seng, plastik, dan bahan-bahan lain. Rangka kandang dibuat dari kayu yang berukuran 0,04 x 0,06 m.
  • Jika hendak menggunakan sistem litter, lantai kandang dibuat dari papan.

Apabila tidak menggunakan litter, lantai dapat dibuat dari bahan kawat kasa/kawat ram, anyaman bambu atau jeruji bambu yang agak rapat dan cukup kuat. Jika menggunakan kawat kasa/kawat ram,anyaman bambu, di lantai bawah hendaknya dipasang papan penampung kotoran yang dapat ditarik keluar untuk keperluan pembersihan.

Dinding kandang bisa dibuat dari kawat kasa/kawat ram, anyaman bambu, atau jeruji bambu. Ukuran bambu sedikit lebih besar dibandingkan dengan kandang burung, tetapi lebih kecil daripada kandang ayam.

Dinding kandang yang menghadap keluar perlu dipasang pelindung dari karung plastik atau sejenisnya. Karung platik ini berfungsi untuk menahan derasnya air hujan atau angin kencang.

Bagian dinding yang dekat dengan lantai dipasangi papan horisontal sebagai pembatas. Genteng, seng tipis, atau papan berlapis plastik bisa digunakan sebagai atap kandang.

Kandang Puyuh Modern

model kandang puyuh modern

jual kandang puyuh modern

kandang puyuh petelur dari bambu

kandang puyuh besi

ukuran kandang puyuh kapasitas 1000 ekor

rumah kandang puyuh

kandang puyuh baterai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *