Cara Membuat Kandang Puyuh

Cara Membuat Kandang Puyuh – Jika Anda tertarik untuk beternak puyuh, maka sudah tentu Anda menyiapkan beragam modal yang diperlukan seperti kandang tempat burung puyuh berkembang.

Ada beragam jenis kandang puyuh mulai dari kandang puyuh modern yang tersedia dalam beragam model. Selain itu ada pula kandang yang terbuat dari besi. Semua kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kandang puyuh pun difungsikan untuk beberapa jenis seperti kandang khusus untuk pembibitan induk puyuh, kandang indukan puyuh, kandang anakan puyuh dan lainnya.

Lalu bagaimanakah cara membuat kandang puyuh yang sesuai dengan kebutuhan usaha ternak burung puyuh yang akan Anda lakukan?

Ada beragam model kandang puyuh modern yang bisa Anda pilih dan Anda jadikan kandang untuk ternak Anda. Berikut ini beberapa model kandang yang mungkin cocok dengan kebutuhan ternak Anda.

Kandang model baterai

Kandang model ini umumnya digunakan peternak puyuh petelur. Adapun kelebihan kandang tipe ini adalah tidak membutuhkan tempat yang luas, selain itu bisa dibuat tingkat-tingkat, serta dapat dipindah-pindah.

Jika Anda sangat ingin membuat kandang model ini, manfaatkanlah bahan material yang ada disekitar anda agar biaya yang Anda keluarkan dapat ditekan sedemikian mungkin.

Bahan-bahan Kandang:

  • Bilahan bambu
  • Kawat strimin
  • Triplek atau karpet
  • Paku
  • Serta alatnya seperti palu dan gergaji.

Kandang model litter

Kandang model liter digunakan untuk ternak puyuh pedaging. Kelebihan daripada kandang model ini cara pembuatannya lebih mudah serta biayanya lebih murah. Anda cukup menyiapkan lokasi atau tempat kemudian pasang dinding keliling.

Buatlah sekat-sekat dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 90, serta tinggi 100 cm. Sedangkan untuk dinding serta penyekat bisa menggunakan kayu, bambu, atau kawat strimin tergantung bahan yang tersedia.

Untuk lantainya bisa menggunakan sekam padi atau serbuk gergaji, tapi sebelumnya lebih dulu dikasih kapur setebal 3 – 5 cm, barulah lapisan atasnya sekam padi setebal 5 cm. Selain itu usahakan atapnya dapat menyerap panas serta lokasinya kering. Hal ini bertujuan agar bakteri penyakit atau virus tidak mudah berkembang dan menyebar.

Kandang model boks

Kandang model ini umumnya digunakan untuk anak puyuh (DOQ). Adapun cara untuk membuatnya cukup menggunakan triplek dibuat kotak seperti boks.

Untuk rangkanya bisa menggunakan kayu reng dan bagian bawahnya menggunakan kawat strimin, agar kotoran jatuh kebawah. Adapun untuk ukurannya bisa satu triplek dibelah menjadi dua dan panjang dibelah dua lagi, satu triplek cukup untuk dinding keliling dan jarak dari lantai sekitar 40 cm.

Selain itu jika Anda membutuhkan bahan yang lebih kuat, maka Anda bisa membuat kandang puyuh besi pada setiap kerangka kandang. Besi ini berfungsi sebagai penopang utama agar kandang dapat berdiri dengan kokoh.

Lalu berapakah luas ukuran kandang puyuh kapasitas 1000 ekor yang bisa Anda buat secara mandiri? Pada umumnya luas minimum untuk dapat menampung 1000 burung puyuh bergantung kepada jenis peruntukan kandang itu sendiri.

Nah, cara membuat kandang puyuh diatas dapat Anda jadikan referensi dalam pembuatan kandang ternak puyuh. Selain itu Anda juga bisa menjual ternak burung puyuh yang berusia tua melalui halaman khusus yang telah kami sediakan untuk membantu peternak puyuh.

Adapun harga yang kami tawarkan tentu lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar. Ada beberapa prakondisi dimana Anda bisa menjual burung puyuh yang telah berusia afkir. Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak Puyuh Ungkep.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *