Ternak Puyuh untuk Pemula [Panduan Lengkap dan Mudah]

Ternak Puyuh – Siapa yang tidak mengetahui telur burung puyuh dimana banyak dijual dan disajikan dalam berbagai varian makanan. Burung puyuh merupakan sejenis burung yang tidak bisa terbang bebas ke angkasa lepas.

Sebagian masyarakat jawa memberikan nama burung puyuh dengan burung gemak. Secara historis, burung puyuh dahulu memang diburu serta dagingnya diolah sedemikian rupa karena rasa daging puyuh yang lezat dan manis.

Keuntungan Ternak Puyuh

Cara Ternak Puyuh Sukses cukup mudah selain itu dengan beternak puyuh terdapat beberapa keuntungan lain seperti:

  • Permintaan yang masih besar dan belum sepenuhnya dipenuhi oleh peternak puyuh.
  • Harga yang relatif stabil
  • Selain telur puyuh yang bisa dijual, daging burung puyuh yang telah berusia afkir juga bisa dijual.
  • Kotoran burung puyuh pun bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang
  • Tidak membutuhkan kandang yang berukuran luas

Lalu modal ternak puyuh petelur apa saja yang harus dibutuhkan oleh peternak pemula yang ingin beternak burung puyuh?

Gambar : http://1.bp.blogspot.com/

Adapun modal yang dibutuhkan untuk beternak puyuh relatif mudah seperti kandang yang berlokasi jauh dari pusat kebisingan (seperti bengkel, pasar, pabrik dan lain sebagainya).

Selain itu Anda juga perlu mendesain kandang ternak puyuh sedemikian rupa agar burung puyuh dapat berkembang dengan baik. Serta menghindarkan diri dari gangguan penyakit yang bisa menyerang burung puyuh.

Anda bisa jual ternak puyuh ke pasar terdekat di sekitar Anda ataupun Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk olahan yang siap dimakan seperti sate tusuk telur burung puyuh yang banyak digemari oleh berbagai masyarakat.

Meskipun cukup mudah bukan berarti tidak ada kendala beternak puyuh petelur bagi pemula. Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar kendala beternak seminimal mungkin seperti pemilihan bibit burung puyuh yang baik serta pemeliharaan ternak yang rutin.

Cara Beternak Puyuh Petelur untuk Pemula

Untuk pemula setidaknya Anda perlu menyiapkan beberapa kandang seperti:

  • Kandang sebagai induk pembibitan
  • Kandang untuk indukan petelur
  • Kandang untuk Anak Puyuh
  • Kandang untuk Puyuh 3 – 6 Minggu

Selain Anda bisa beternak burung puyuh petelur, Anda juga bisa beternak puyuh pedaging dimana akhir akhir ini sajian dading burung puyuh semakin diminati masyarakat.

Anda bisa menemukan berbagai sajian menu olahan daging burung puyuh dengan mudah dalam bentuk olahan puyuh goreng, puyuh bakar, ataupun puyuh penyet. Semakin lengkap dengan berbagai jenis sambal yang akan melezatkan rasa makanan.

Jika Anda tertarik mencoba olahan daging burung puyuh, maka Anda bisa datang ke makanan khas klaten, Puyuh Ungkep. Waroeng makan ini menyediakan beragam sajian spesial olahan daging puyuh.

Anda bisa datang dapur utama dan waroeng puyuh ungkep yang berlokasi di Jalan Raya Karanganom – Klaten km 0,1. Atau tepatnya di Kolekan, Beku, Karanganom.

Selain itu Waroeng Puyuh Ungkep juga membuka cabang karanganom yang berlokasi di Jalan Raya Karanganom – Ponggok Km 0,2 (Sebelah utara swalayan Gal-Gil).

Sedangkan alamat cabang puyuh ungkep Jatinom berlokasi di Jalan Raya Jatinom – Boyolali km 0,5 (Plaeng, Pandean, Jatinom).

Jika Anda berlokasi di daerah Solo, maka Anda bisa mendatangi Cabang Puyuh Ungkep Solo yang berlokasi di Gedongan, Colomadu, Karanganyar.

Pada dasarnya ternak puyuh untuk pemula cukup mudah dan sederhana selama Anda rutin dalam merawat ternak yang Anda usahakan. Selain itu kondisi kandang juga ideal untuk perkembangan burung puyuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *